Thursday, April 21, 2016

Wardah Conference "Co[l]ordination" (Indonesia Fashion Week 2016) dan Hari Kartini

Wardah menggandeng lima desainer ternama Indonesia Dian Pelangi, Zaskia Sungkar, Mel Ahyar, Barli Asmara, dan Ria Miranda berkolaborasi menampilkan karakter desain yang mengusung tema elemen-elemen bumi, seperti air (Ria Miranda-Seashore), cahaya matahari (Barli Asmara-Glow of Parai), batu (Zaskia Sungkar-Goa Gong), langit (Mel AhyarXAndien-Pohaci), dan api (Dian Pelangi-Lembayung Jiva). Konon katanya, tema-tema tersebut terinspirasi dari nama-nama tempat eksotis di Indonesia. Terus di acara ini juga, make up artis hits dari Wardah, Carolina Septerita, yang juga sosok wanita Indonesia berbakat, turut mengumumkan dan memberikan bocoran tentang warna-warna make up yang digunakan pada tiap rancangan desainer. I have no doubt! Pokoknya acara Wardah Conference ini menjawab rasa penasaranku terhadap iklan-iklan promosi yang beredar “seliweran” jauh-jauh hari sebelumnya di media sosial, haha. Sungguh indah kreasi para desainer Indonesia #bukanhiperbol. Ini ada video amatir yang sempat kurekam dan beberapa fotonya waktu acara ini berlangsung.


MC-Perwakilan Wardah-Carolina Septerita-PR Ria Miranda-PR Mel Ahyar-Zaskia Sungkar-Barli Asmara


Carolina Septerita-Professional Make Up Artist Wardah


Salah Satu Koleksi "Goa Gong" by Zaskia Sungkar

Mungkin teman-teman di sini bertanya-tanya lebih jauh, apa kaitannya acara di atas dengan peringatan Hari Kartini? Jadi begini, perkembangan fashion hijab bagiku mewakili semangat kewirausahaan yang luar biasa dari wanita-wanita Indonesia. Tren ini melahirkan banyak desainer lokal (dan kebanyakan dari mereka adalah wanita) yang membuat sendiri bajunya di dalam negeri, memunculkan banyak lapangan pekerjaan baru, bahkan kemandirian mereka ini tersohor hingga ke luar negeri. Ada rasa bangga dalam hati ketika kita tidak hanya menjadi konsumen pasif produk luar negeri, tapi  justru bisa menjadi pemain yang berpengaruh dalam pasar global. Menurutku mereka adalah pejuang-pejuang emansipasi wanita, Kartini masa kini. Salute! Semoga suatu saat kita bisa menciptakan kreasi berguna untuk bangsa sesuai dengan keahlian kita masing-masing. Karena kita juga bisa jadi Kartini. Kartini versi kita sendiri.

Selamat Hari Kartini!

by: Seradona A.

No comments:

Post a Comment

What I think about The Rise of E-commerce Companies in Modest Fashion Industry in Indonesia

Courtesy: Zaura Models Composite Photo: Alexo Picture Wardrobe: Pret A Porter by Barli Asmara After the strict prohibition in public ...