Monday, November 21, 2016

Sarinah - Mall Pertama Indonesia

Sebelum ada Mall Ambarukmo di Jogja, Tunjangan Plaza di Surabaya, Paris van Java di Bandung, Grand Indonesia, Plaza Senayan, Siti Senayan, Siti Gandariah, dan Siti Kuningan di Jakarta, yang ngakunya anak mall kayak saya juga mesti tahu kalau ada mall tertua dibangun pertama kali di Indonesia dan masih beroperasi hingga sekarang ini. Pusat perbelanjaan yang pernah terdengar lagi namanya wara-wiri di statsiun TV karena peristiwa bom pertengahan bulan Januari 2016 lalu, namanya Sarinah.

sumber: google

Nama Sarinah sendiri berasal dari nama pengasuh masa kecil Soekarno, presiden pertama kita. Soekarno berinisiatif mendirikan Sarinah berdasarkan pengalaman berlawatnya ke sejumlah negara maju yang sudah lebih dulu menggunakan sistem belanja self-service seperti supermarkat. Jadi pembeli diberi ruang leluasa, kebebasan memilih, mengambil sendiri barang-barang yang dibutuhkan, dan membayar di kasir. Sedang pada saat itu, masyarakat kita masih anteng dengan fasilitas warung-warung sekitar tempat mereka bermukim.

Dibangun pada masa Soekarno masih menjadi presiden tahun 1963 dan mulai beroperasi tahun 1967, Sarinah sebagai pusat perbelanjaan pertama ternyata juga merupakan gedung pencakar langit pertama di Jakarta dengan tinggi 74 meter dan memiliki 15 lantai (Wikipedia). Kalau sekarang, gedung pencakar langit banyak sekali kita lihat bertebaran dimana-mana, apalagi di kawasan Central Business District (CBD), tempat perkantoran hits di Jakarta, sekaligus tempat nongkrong-nongkrong kerennya anak gaul, atau sekedar tempat orang-orang yang memanjakan dirinya, baik sendiri, bersama teman, maupun keluarga tercinta sehabis berkutat dengan kerasnya kota metropolitan.

Nama boleh Sarinah alias jauh berbeda dengan penamaan pusat perbelanjaan masa kini yang mengarah ke penamaan modern menggunakan unsur bahasa asing seperti yang saya sebutkan di atas, tapi Sarinah ini bisa dibilang sebagai saksi bisu perubahan perlahan peradaban manusia di Jakarta! Sebagai yang pertama, pada masa kejayaannya Sarinah sempat menjadi satu-satunya andalan warga Jakarta dalam memenuhi kebutuhan terhadap barang berkualitas dengan mudah. Berlokasi di sekitaran bundaran HI, tepatnya terletak di Menteng, Jakarta.

Hayo kapan-kapan coba kunjungi ‘nenek moyang’ mall di Indonesia, Sarinah. ^^

No comments:

Post a Comment

What I think about The Rise of E-commerce Companies in Modest Fashion Industry in Indonesia

Courtesy: Zaura Models Composite Photo: Alexo Picture Wardrobe: Pret A Porter by Barli Asmara After the strict prohibition in public ...