Friday, June 9, 2017

My Favorite Indonesian Culinary: Japanese Must Try It!


Indonesian Fruit Salad (Rujak Buah)


Hampir di setiap negara mengenal salad sebagai sajian lezat dan segar. Salad bisa beragam cara penyajiannya, biasanya berupa sayuran atau buah segar yang dipadukan dengan saus sebagai penyatu rasa. Kali ini saya ingin membicarakan salah satu sajian khas Indonesia yang setiap kali dengan melihat gambarnya saja langsung membuat perut ini bergejolak lapar hingga menelan ludah saking menggiurkannya. Bisa dibilang, sajian ini adalah salad khasnya negara kita dengan saus kacang pedas yang super enak, RUJAK BUAH atau bahasa kerennya Indonesian Fruit Salad with Spicy Peanut Palm Sugar Sauce.  

Berawal ketika secara tidak sengaja saya melihat program di TV, sebuah acara kuliner berjudul East Vs. West di NatGeo Channel yang dibawakan oleh seorang juru masak handal Malaysia Chef Wan, maka munculah ide tulisan ini. Jadi, intinya acara tersebut ingin membantu warga/masyarakat Western dalam mengakali gaya hidup mereka yang terbiasa mengkonsumsi makanan olahan, kalengan dan cepat saji. Ketimbang mengkonsumsi makanan-makanan seperti itu, Chef Wan menawarkan alternatif resep Asia yang kaya akan rempah pun makanan-makanan fresh tanpa pengawet kepada masyarakat Western. Rujak buah khas Indonesia ala Chef Wan kala itu menjadi solusi di episode yang saya tonton.

Mengingat makanan khas Jepang juga terkenal dengan kesegarannya seperti sushi dan sashimi, rujak buah khas Indonesia bisa menjadi pilihan menarik untuk dipromosikan ke masyarakat Jepang. Mereka harus coba! Saya yakin mereka suka. Buah-buahan tropis yang segar dengan saus kacang pedas berpadu dengan asam jawa dan gula aren yang lezat. Kalau dipikir-pikir ada juga kesamaan yang mirip antara rujak buah dan sushi/sashimi. Semuanya sama-sama dicelup-celupin ke saus kan. Haha, maksanya keren ngga?






Kalau orang Jepang mau coba rujak buah ketika mereka ke Indonesia, nyarinya juga gampang. Tidak diperlukan rekomendasi tempat. Mamang rujak ada di mana-mana, jelas tapi mereka bukan Oksigen. Aduh kumat lagi, maaf. Oke, ada beberapa foto mamang rujak buah yang saya dapat dari Mbah Google beserta gerobaknya. Mungkin suatu saat bisa menguntungkan buat mereka, karena fotonya diupload di sini gratis. Tanpa jasa mamang rujak pun kita bisa mudah membuatnya, cukup potong nanas, mangga muda, bengkoang, papaya, dan timun lalu tuangkan saus kacang dengan resep yang bisa ditemukan di internet/buku resep masakan di toko buku terdekat, atau saus yang beli di mamang rujak (teteep). Larislah selalu wahai Mamang Rujak kebanggaan negeri.

Saya pun yakin rujak buah akan tetap menjadi favorit di hati siapa pun yang menggemarinya, termasuk ibu-ibu hamil yang lagi ngidam. Sehat, bergizi, dan lezat.

by: Seradona

No comments:

Post a Comment

What I think about The Rise of E-commerce Companies in Modest Fashion Industry in Indonesia

Courtesy: Zaura Models Composite Photo: Alexo Picture Wardrobe: Pret A Porter by Barli Asmara After the strict prohibition in public ...